Rabu, 09 Maret 2011

Mengatasi Kondisi Lemah Cahaya

Mengatasi Kondisi Lemah Cahaya


oleh Arbain Rambey 


executive summary by Hendri Tan
Sampai beberapa waktu lalu, kamera Olympus jarang diperhitungkan manakala membicarakan pemotretan dalam kondisi cahaya lemah. Salah satu penyebabnya adalah ukuran sensor kamera Olympus yang ukurannya hanya sekitar separuh ukuran sensor kamera DSLR 135 fullframe. Dengan ukuran sensor yang kecil, grain menjadi begitu besar pada perbesaran yang sama dengan kamera 135. Bagaimana ”nasib” Olympus E-5 yang belum lama diluncurkan?



Tulisan ini tidak semata membicarakan Olympus E-5, tetapi juga mengulas sedikit cara menguji kemampuan sebuah kamera digital modern. Pada pemotretan dengan pencahayaan normal, atau dengan cahaya matahari dengan kecerahan sehari-hari, relatif sebuah kamera sulit dibedakan kemampuannya dengan kamera lain



Namun, dalam kondisi pencahayaan yang ”sulit” (melawan arah cahaya, redup, warna monoton, kontras rendah), mutu kamera mudah dibedakan. Kondisi ”sulit” seperti yang baru saja disebutkan secara umum belum bisa diatasi kamera HP (telepon genggam) atau kamera saku yang ada saat ini.



Tulisan ini juga menunjukkan bahwa pemotretan sebuah pertunjukan musik bisa hanya dengan menggunakan sebuah lensa, bahkan tanpa berpindah tempat. Dengan sebuah lensa zoom Zuiko 50-200 f2,8-3,5, semua foto di halaman ini dihasilkan.

Periode peralihan

Olympus E-5 (tipe Fourthird) muncul saat Olympus sedang gencar-gencarnya mengorbitkan seri Pen alias kamera tanpa cermin yang biasa disebut sistem Micro Fourthird. Bisa dikatakan bahwa E-5 muncul di periode peralihan.



Rekan kerja sama Olympus, yaitu Panasonic, bahkan sudah menghentikan sementara pembuatan kamera kelas Fourthird (Lumix L1 dan L 10) karena sedang menggenjot kelas Micro Fourthird, yaitu seri G, GH, dan GF.



Dan, sesuai pernyataan Olympus sejak sekitar tiga tahun lalu, Olympus memang menghentikan ukuran megapiksel di angka 12. Setelah E-3 yang 10 megapiksel, E-5 yang muncul hampir 4 tahun kemudian hanya ditambah kemampuan rekam 2 megapiksel.



Sesungguhnya, secara umum, 12 MP memang sudah sangat cukup untuk keperluan sehari-hari. Yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan merekam kondisi sulit seperti yang disebutkan di atas.

E-5 sudah berhasil mengatasi ”hambatan” yang selama ini muncul pada penggunaan kamera Olympus di kondisi redup. ”Kebijaksanaan” lain pada E-5 adalah harganya bisa ditekan rendah karena memakai badan yang sama dengan E-3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar