Sabtu, 21 Mei 2011

Menikmati Kemajuan Fotorgrafi Digital

executive summary by Hendrik Tan


Era digital membuka babak yang baru dalam dunia fotografi. Sejak kamera pertama kali ditemukan hampir 200 tahun yang lalu, kamera digital yang kini tengah naik daun tentu menjadi sebuah lompatan yang besar. Kepraktisan, kemudahan, dan efisiensi saat memotret kini bukan lagi hal yang sulit untuk didapat.

Wajar kalau kemudian perangkat ini menjadi barang bawaan wajib mereka yang melakukan perjalanan jauh. Apalagi saat ini di mana jejaring sosial digandrungi oleh banyak orang, keinginan untuk segera memajang foto perjalanan tersebut tentu begitu besar.


Pengembangan kamera digital-dalam hal ini kamera saku-yang awalnya berlomba pada besaran megapiksel, kini mulai bergeser pada desain dan fitur yang sebelumnya mungkin tidak pernah terbayang.

Dari kemampuan untuk menangkap gambar di tempat yang rendah cahaya, tahan guncangan, tahan air, hingga kemampuan mendeteksi wajah menjadi hal yang kini jamak melengkapi kamera digital.

Di satu sisi hal tersebut menjadi hal yang positif, namun di sisi lain calon pembeli mau tak mau harus memutar otak sebelum menjatuhkan pilihan.

Oleh karena itu, untuk mempersempit pilihan, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan. Yang pertama Zoom, sebaiknya memilih kamera digital yang memiliki optical zoom yang besar (paling tidak di atas 2 kali).

Fasilitas tersebut sangat membantu saat hendak mengambil obyek-obyek foto yang jauh. Beberapa kamera juga dilengkapi dengan ditital zoom, tapi hasil pembesaran dari fasilitas ini mengakibatkan gambar pecah.

Calon pembeli sebaiknya juga mengumpulkan informasi dengan bertanya pada orang yang lebih ahli atau pada orang yang sudah pernah menggunakan. Mengunjungi situs-situs internet yang berisi informasi seputar kamera digital juga bisa dilakukan.

Akan halnya dengan fitur, calon pembeli hendaknya mempertimbangkan dengan matang fitur apa saja yang sebaiknya mendukung. Semakin banyak fitur tentu membuat harga kamera menjadi lebih mahal bukan?

Terakhir, cobalah kamera, karena masing-masing memiliki posisi tombol ddan fungsi yang berbeda. Uji coba ini juga sangat membantu dalam membuat perbandingan antara satu kamera dengan yang lainnya. Selamat Memotret.

1 komentar: